Mengenal Kelompok Operasi Berdasarkan Tingkat Risiko dan Teknik Bersama SehatQ

  • Whatsapp
Mengenal-Kelompok-Operasi-Berdasarkan-Tingkat-Risiko-dan-Teknik-Bersama-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Berbagai informasi SehatQ selalu menjadi hal penting untuk diketahui karena berkaitan dengan hal-hal berbau kesehatan, seperti tips, trik, dan informasi mengenai obat-obatan. Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan berfokus pada tindakan medik berupa operasi.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah operasi. Bagi pasien sendiri, operasi merupakan hal menakutkan karena artinya penyakit yang diderita cukup parah. Akan tetapi, tidak semua operasi merupakan tindakan berisiko tinggi. Sebab tindakan operasi sendiri dibagi menjadi tingkat risiko dan teknik pengerjaan. Berikut informasinya:

Read More

Kelompok Operasi Berdasarkan Tingkat Risiko

Setiap tindakan operasi yang dilakukan baik untuk menghilangkan, mencegah, maupun menghambat perkembangan penyakit memiliki risiko masing-masing. Ada yang berisiko kecil dan besar. Berikut pengelompokan tindakan operasi berdasarkan tingkat risikonya:

1. Bedah Minor

Tindakan operasi bedah minor merupakan jenis operasi yang tidak memiliki risiko tinggi. Bahkan banyak kasus setelah tindakan bedah minor ini pasien bisa langsung pulang ke rumah. Pasien yang mendapatkan tindakan bedah minor ini juga tidak memerlukan waktu lama untuk kembali pulih.

Bisa dikatakan operasi bedah minor merupakan jenis operasi ringan. Contohnya, tindakan biopsi pada jaringan tubuh.

2. Bedah Mayor

Berkebalikan dengan tindakan bedah minor, pada operasi bedah mayor pasien akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Bahkan tidak sedikit kasus pasien tidak dapat pulih seperti semula. Tindakan medik satu ini juga berisiko tinggi.

Operasi bedah mayor cenderung memerlukan masa operasi panjang karena tingkat kesulitannya tinggi. Bahkan bisa mencapai puluhan jam. Contohnya, operasi cangkok organ, operasi jantung, dan operasi tumor.

Tingkat Operasi Berdasarkan Teknik

Selain berdasarkan tingkat risiko, SehatQ juga akan membahas mengenai tindakan medik operasi berdasarkan teknik yang digunakan. Ada 2 jenis operasi berdasarkan teknik, silahkan simak informasi berikut ini:

1. Laparoskopi

Teknik bedah ini merupakan teknik baru yang digunakan di dalam dunia kedokteran dan dianggap mampu mengurangi luka yang diakibatkan sayatan bedah kala operasi.

Pada teknik laparoskopi, bagian tubuh yang disayat atau dibedah hanya sedikit saja.

Kemudian dokter akan memasukkan alat dengan bentuk seperti selang ke sayatan tersebut untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam tubuh. Namun, belum banyak dokter yang menggunakan teknik ini, karena kebanyakan dokter masih memilih cara bedah konvensional.

2. Operasi Bedah Terbuka

Teknik bedah satu ini sudah digunakan sejak pertama kali ilmu bedah ditemukan. Melakukan operasi bedah terbuka mengharuskan dokter untuk membuat sayatan sesuai dengan bagian yang ingin dioperasi. Biasanya sayatan cukup panjang agar bagian yang ingin dioperasi terlihat jelas.

Metode ini dilakukan dengan menggunakan pisau bedah khusus yang sangat tajam dan ukurannya disesuaikan dengan bagian yang akan dibedah. Misalnya, ketika dokter melakukan operasi pada bagian jantung, maka akan dilakukan sayatan di bagian kulit dan daging yang melindungi organ tersebut.

Untuk menutup kembali luka sayatan setelah selesai operasi akan dilakukan penjahitan agar luka segera tertutup. Benang dan jarum yang digunakan khusus dan jahitan dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman sehingga terlihat rapi. Namun, kemungkinan meninggalkan bekas selalu ada.

Sebelum melakukan tindakan medis operasi bedah, terutama untuk bagian organ dalam biasanya pasien akan diharuskan berpuasa terlebih dahulu. Juga dilakukan pembiusan sehingga pasien terhindar dari rasa sakit. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai berbagai hal seputar operasi atau ingin mencari informasi kesehatan, kunjungi laman situs SehatQ yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia kesehatan terkini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *