Manfaat Merawat Mobil dan Waktu yang Tepat Pergi ke Bengkel Resmi

  • Whatsapp
Manfaat-Merawat-Mobil-dan-Waktu-yang-Tepat-Pergi-ke-Bengkel-Resmi
Foto dari Canva Pro

Memiliki mobil tidak sekadar menggunakannya, tetapi juga harus dirawat dengan rutin agar performa kendaraan stabil. Salah satu bentuk perawatan yang baik adalah rutin membawa mobil ke bengkel resmi. Untuk perawatan mobil Mazda, tentu akan lebih baik apabila Anda juga melakukan perawatan di bengkel resmi Mazda.

Manfaat Merawat Mobil di Bengkel Resmi

Perawatan mobil lebih baik dilakukan secara berkala. Mobil yang mendapat perawatan rutin tidak hanya membantu memperlancar segala urusan Anda, tetapi juga memberi perlindungan bagi Anda, keluarga, dan pengguna jalan yang lain. Berikut adalah beberapa manfaat mengapa servis di bengkel resmi merupakan hal yang harus dipertimbangkan.

Read More

1. Mekanik yang Terlatih Sesuai Standar

Setiap bengkel mobil memang mewajibkan untuk memiliki mekanik yang handal. Tetapi, mekanik bengkel resmi memiliki standar yang digunakan oleh jenis dan merek tertentu. Dengan demikian, penanganan mobil akan lebih baik karena para mekanik telah mengenal bagian dan komponen mobil tersebut.

Mekanik bengkel resmi memiliki sertifikat untuk menangani kendaraan. Pengerjaan servis mobil juga jauh lebih rapi karena mementingkan kualitas. Mekanik juga akan mengerjakan pelayanan sesuai dengan deskripsi dalam buku panduan servis.

2. Jaminan Bergaransi

Setiap bengkel resmi memiliki garansi perawatan. Pemilik mobil dapat kembali ke bengkel apabila menemukan hal yang kurang memuaskan di mobil mereka setelah perawatan. Garansi juga memberikan perlindungan kepada pemilik mobil sehingga dapat segera melakukan aduan ketika ada keluhan.

3. Suku Cadang Dijamin Asli

Salah satu keunggulan melakukan perawatan di bengkel resmi, terutama di bengkel resmi Mazda adalah jaminan suku cadang asli. Dengan demikian, komponen-komponen yang ada di dalam mobil Anda tetap terjamin kualitasnya.

Suku cadang asli menjaga performa kendaraan stabil dan baik dibandingkan dengan menggunakan komponen yang berbeda dengan merek mobil. Selain itu, suku cadang asli juga memiliki standar ukuran, jenis, serta tipe yang sama.

4. Menjaga Harga Jual

Perawatan mobil di bengkel resmi turut menjaga harga jual mobil Anda. Hal ini karena suku cadang terbukti berkualitas, resmi, dan asli. Dengan demikian, kualitas mobil Anda juga masih baik. Apabila Anda hendak menjual mobil, Anda dapat memberikan keterangan pada calon pembeli bahwa semua suku cadang masih sama dan memiliki kualitas yang asli.

5. Ada Kejelasan Catatan Servis

Mobil yang dirawat oleh bengkel resmi akan mendapat kejelasan catatan yang teratur dan rapi. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kapan jadwal perawatan selanjutnya. Kejelasan catatan servis membantu Anda untuk mengingatkan Anda sehingga tidak terlambat melakukan perawatan mobil. Hal ini akan membantu performa mobil Anda lebih baik.

Saat Tepat Melakukan Servis Mobil

Kapan saat yang tepat untuk melakukan servis mobil? Berikut dua tips untuk mempertimbangkan servis mobil.

1. Jangan Abaikan 1000km pertama

Setelah Anda membeli mobil, jangan abaikan perawatan setelah melakukan 1000km pertama. Perawatan pertama ini untuk melihat kepastian perlindungan mobil dari garansi pabriknya.

Selain itu, perawat pertama ini juga menguji apakah mesin dan komponen mobil Anda berjalan sesuai dengan fungsinya. Sebelum digunakan, mobil baru hanya menjadi pajangan etalase dan tidak ada yang digunakan. Oleh karena itu, pengecekan 1000km pertama sangat penting memastikan komponen dalam kendaraan masih berfungsi sempurna.

Perawatan pertama pada mobil juga dapat Anda manfaatkan untuk bertanya pada mekanik perlakukan apa saja yang baik untuk mobil Anda. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai bagian-bagian mana yang kurang nyaman dan apa yang perlu diperbaiki.

2. Fleksibel Menggunakan Patokan Waktu atau Jarak Tempuh

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menservis mobil adalah lakukan perawatan sesuai dengan patokan waktu. Perawatan rutin untuk mengecek mobil Anda adalah enam bulan sekali.

Patokan waktu ini digunakan dengan catatan bahwa mobil Anda belum mencapai jarak tempuh yang seharusnya disarankan untuk melakukan servis. Seringkali hal ini terjadi di kota-kota besar karena mobil tidak digunakan untuk jarak yang jauh. Karena hal ini menyebabkan ukuran jarak tidak berubah banyak, maka sebagian besar orang abai untuk melakukan perawatan meski sudah lebih dari enam bulan.

Untuk menghindari hal ini, lakukanlah perawatan sesuai dengan waktu. Apabila Anda selalu menggunakan mobil untuk jarak tempuh yang panjang, maka Anda dapat menggunakan patokan jarak tempuh meski belum mencapai enam bulan. Dengan cara fleksibel ini, Anda akan tetap mendapat performa mobil yang maksimal.

Demikian pentingnya perawatan di bengkel resmi, terutama di bengkel resmi Mazda apabila Anda adalah pengguna mobil Mazda. Merawat mobil merupakan kewajiban untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *