Info SehatQ Tentang 10 Peralatan yang Digunakan untuk Tindakan Medik

  • Whatsapp
Info-SehatQ-Tentang-10-Peralatan-yang-Digunakan-untuk-Tindakan-Medik
Foto dari Canva Pro

Ketika hendak melakukan tindakan medik, seorang dokter memelukan peralatan dan perlengkapan penunjang sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Ada berbagai alat-alat yang biasa digunakan dalam prosedur tindakan medik. Kali ini, SehatQ akan memberikan informasi mengenai peralatan-peralatan penting yang digunakan untuk tindakan penyelamatan pasien.

10 Peralatan untuk Tindakan Medik

Melakukan tindakan medik bagi dokter merupakan sudah menjadi bagian tugas yang tidak terelakkan lagi. Agar kinerja seorang dokter maupun tenaga medis lainnya bisa berjalan lancar diperlukan peralatan penunjang yang tepat. Berikut 10 peralatan untuk melakukan tindakan medik yang sudah SehatQ rangkum untuk Anda:

Read More

1. Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis tidak sama dengan sarung tangan yang digunakan untuk bekerja atau aksesoris fashion. Sarung tangan ini khusus dibuat untuk melindungi tangan tenaga medis dari pengaruh sekitar sehingga keamanan proses tindakan juga akan terjamin.

Sarung tangan medis merupakan modal awal bagi semua dokter maupun tenaga medis yang harus selalu tersedia.

2. Gunting Bedah

Gunting bedah atau (surgical scissors) tidak bisa disamakan dengan gunting biasa. Karena gunting ini memiliki tingkat ketajaman yang diperlukan untuk melakukan pembedahan. Sebelum digunakan gunting harus disterilkan lebih dulu.

3. Gunting Perban

Benda ini sangat diperlukan untuk menggunting perban atau kasa. Apabila menggunakan gunting biasa akan mengalami kesulitan. Jadi, diperlukan peralatan khusus.

4. Kateter

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan alat ini karena seringkali digunakan untuk membantu mengeluarkan atau memasukkan cairan dari tubuh pasien. Umumnya, alat ini digunakan untuk mengeluarkan urine dengan cara memasukkannya lewat uretra.

5. Kantong Urine

Saat melakukan operasi dokter maupun tenaga medis akan menemukan berbagai kondisi pasien. Di antaranya adalah pasien yang tidak bisa bergerak dengan normal. Ketika pasien dalam kondisi seperti ini diperlukan alat yang dapat menampung urine pasien, yaitu kantong urine atau urine bag.

6. Baju Operasi

Penggunaan pakaian yang tepat saat melakukan tindakan operasi juga diperlukan. Oleh sebab itu, disediakan baju operasi yang menjadi standar bagi dokter atau tenaga medis lainnya dan harus dikenakan ketika melakukan tindakan operasi.

7. Pinset

Tindakan operasi akan lebih mudah dilakukan apabila menggunakan pinset ketika hendak menjepit sesuatu. Misalnya, untuk menjepit kasa atau jaringan, benda kecil ini akan sangat berguna untuk melakukan hal tersebut.

8. Feeding Tube

Alat satu ini sangat diperlukan untuk membantu pasien yang lemah, tapi tidak mampu untuk makan sendiri. Feeding tube dapat digunakan untuk memasukkan cairan makanan ke dalam tubuh pasien.

9. Mesin Elektrokardiograf

Sering melihat mesin dengan layar yang menunjukkan garis berwarna hijau yang bergerak naik turun membentuk frekuensi naik dan turun dengan bunyi yang khas di film atau sinetron? Inilah yang disebut mesin elektrokardiograf (EKG).

Mesin ini digunakan untuk mendeteksi apakah ada kelainan dengan fungsi jantung saat tindakan operasi dilakukan. Biasanya alat ini selalu digunakan untuk tindakan operasi besar, karena mampu memperlihatkan fungsi jantung apakah denyutnya melemah atau menjadi lebih cepat saat dilakukan operasi.

10. Spekulum

Spekulum tidak selalu harus ada dalam tindakan operasi. Seringkali tindakan medik tidak memerlukan alat satu ini. Namun, apabila tindakan yang dilakukan menyangkut organ seperti hidung, telinga, atau organ kewanitaan, maka spekulum wajib digunakan.

Beberapa alat di atas merupakan benda yang seringkali harus tersedia ketika dokter atau tenaga medis melakukan tindakan medis. Alat-alat tersebut harus selalu tersedia di ruangan operasi atau ruang tindakan di rumah sakit, klinik, atau balai pengobatan. Kunjungi laman website SehatQ, untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai dunia kesehatan dan tindakan medik. Mulai dari informasi cara menjaga kesehatan hingga perawatan kecantikan tersedia untuk Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *